-->

Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot

Tuesday, March 13, 2018

Assalamualaikum para sahabat pecinta tekonlogi, alhamdulillah kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi tentang
Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot
bagaimana caranya? Yuk baca dibawah ini...
jangan lupa baca juga artikel lainnya di Seputar Teknologi
Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot
Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot

Penyebab dan Cara memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot


1. Komputer/Laptop lambat lantaran kekurangan Memory.
Masalah personal komputer  lambat lantaran minimnya RAM yg terpasang merupakan hal yg umumnya telah diketahui oleh semua pengguna personal komputer .

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk personal komputer  sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP & aplikasi baku sebaiknya upgrade-lah memory sebagai minimal dua GB. Bagi yg ingin membeli personal komputer  atau laptop baru aku  sarankan buat menggunakan Processor sekelas Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

2. Komputer/Laptop karena terlalu banyaknya program yg terinstall.
Secara eksklusif saya acapkali menemukan komputer terutama milik pribadi yg pada-install bermacam-macam acara didalamnya, padahal pelaksanaan tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer menggunakan Program control panel. cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install acara-acara yang hanya sebagai "accesories" tersebut.

3. Komputer/Laptop lambat karena terlalu banyak startup programs service yg berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak yang terinstall, semakin banyak juga program service yg akan dijalankan waktu windows startup.

Untuk menonaktifkan startup acara dan service yg berjalan otomatis tadi, masuklah ke "System Configuration Utility" menggunakan cara ketik: msconfig > run, kemudian pada tab service & startup lakukan uncheck terhadap pelaksanaan-pelaksanaan yg diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, gunakan tool Process Explorer. Dengan tool ini kita dapat melihat & menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yg tidak dibutuhkan atau dicurigai menjadi virus

4. Komputer/Laptop lambat lantaran Temporary File yang telah membengkak.
Penyebab personal komputer  lambat yang ke empat merupakan telah membengkaknya file-file temporary. Lokasi arsip temporary ini merupakan sebagai berikut:

    Windows XP :  C:Documents and SettingsLocal SettingsTemp
    Windows 7    :  C:UsersAppDataLocalTemp

Untuk membersihkannya, delete-lah arsip-file yang terdapat pada kedua lokasi tadi jalankan Disk CleanUp menggunakan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yg akan di-cleanup. Selain itu coba gunakan software JetClean untuk mempercepat komputer dengan cara membersihkan file-arsip dan registry yg tidak diperlukan.

5. Komputer/Laptop lambat lantaran terlalu banyak antivirus yang berfungsi menjadi "security area".
Security program seperti program antivirus & firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada dalam personal komputer , tetapi janganlah terlalu berlebihan contohnya menggunakan menginstall 2-tiga acara antivirus sekaligus.

Untuk kasus security windows, yg terpenting adalah lakukan update, aktifkan windows firewall serta gunakan antivirus yg tidak membebani personal komputer  misalnya misalnya Avast Antivirus dan berhati-hatilah ketika memakai USB Flashdisk / Memory Card.

6. Komputer/Laptop lambat karena perkara pada hardisk.
Hardisk merupakan komponen ke 2 sehabis RAM yg mampu menyebabkan personal komputer  sebagai lambat. Masalah Komputer lambat yang ditimbulkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yg telah usang, sebagai akibatnya rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena perkara pada hardisk diatas merupakan:
- upgrade kapasitas hardisk menggunakan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara terpola
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

Apabila Anda mempunyai budget lebih, saya sarankan buat mengubah hardisk yg terpasang dengan SSD (Solid State Drive)

7. Komputer/Laptop lambat lantaran adanya virus, malware atau spyware pada personal komputer.
Apabila personal komputer  kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner misalnya contohnya Norman Malware Cleaner buat membersihkan virus atau malware tersebut & lakukan jua update dalam sistem operasi.
Komputer lambat lantaran System Files ada yg corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan arsip-arsip yg terinfeksi tadi terlanjur rusak atau terdelete sang antivirus. Solusi yg paling gampang adalah menggunakan merepair sistem operasi yg anda gunakan.

9. Komputer/Laptop lantaran kasus hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi dalam hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum menyebabkan menurunnya kinerja komputer yg dalam akhirnya personal komputer  menjadi hang, lambat atau bahkan  seringkali restart. Untuk itu pastikan peredaran udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu pula dalam fan (kipas angin) wajib  bersih berdasarkan debu supaya berputar dengan lancar.

10. Komputer/Laptop lambat lantaran adanya kasus konektifitas dalam jaringan / network.
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yg hang atau adanya virus yg mencoba masuk ke sistem personal komputer  kita. Untuk mengatasinya, coba lepas & pasangkan kembali konektor RJ45 dalam LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub & gunakan program Port scanner buat melihat packet data apa saja yang masuk & keluar menurut personal komputer  kita.

Demikianlah Artikel tentang Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot
mohon maaf jika ada kekurangan, jika ada masalah mohon tanyakan di kolom komentar dibawah ini...
Description
: Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot

1 komentar on Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat dan Lemot

  1. Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat Dan Lemot >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat Dan Lemot >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Memperbaiki Komputer/Laptop Lambat Dan Lemot >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK vL

    ReplyDelete

Next Post

older news »