-->

Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows

Tuesday, November 7, 2017
Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows - halo jumpa lagi bersama saya AKANG BLOGGER kali ini saya bakal berbagi tentang cara membuat partisi HARD DISK baru di Windows
Mungkin banyak orang yang belum tahu bagaimana caranya membuat partisi baru, atau mungkin mereka bukan tidak tahu caranya membuatnya, namun yang mereka khawatirkan adalah apabila membuat partisi baru semua file dan data yang mereka miliki akan hilang. Nyatanya data-data kita akan aman dan tidak akan hilang sedikitpun. Sebelumnya anda tahu apa tidak apa itu Hard Disk? AKANG akan menjelaskannya secara singkat.

membuat partisi harddisk di windows
Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows

Harddisk

Hardisk merupakan sebuah device penyimpanan data pada sebuah laptop atau komputer Anda. Dengan adannya Hardisk Anda bisa mengoperasikan dan menyimpan data-data atau file-file pada laptop maupum komputer yang Anda miliki.

Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows

Cara yang akan kita gunakan ini tidak memakai software tambahan, dan tentunya sangat mudah sekali. Silahkan ikuti saja tutorialnya dibawah ini.
1. Buka start menu, kemudian pada Computer klik kanan setelah itu pilih Manage.




2. Setelah itu akan terbuka jendela baru Computer Management, Silahkan pilih menu Disk Management pada bagian kiri.

  
 Jika sudah diklik menu Disk Management, maka terbuka tampilan dan isi partisi yang anda punya.

 
3. Pada bagian ini, silahkan pilih drive mana yang akan di pecahkan / di bagi menjadi dua. Dalam hal ini saya akan memilih E yang akan di dibagi. Pada drive tersebut klik kanan, setelah itu pilih Shrink Volume.
 

4. Akan terbuka kotak dialog shrink. Anda bisa menentukan berapa kapasitas drive baru yang akan dibuat dari hasil pembagian drive E.

5. Lalu jika proses Shrink telah selesai, maka anda akan melihat partisi baru dengan status Unallocated. Di status itu, drive ini masih belum bisa digunakan karena kita harus memformatnya terlebih dahulu.

6. Untuk memformatnya silahkan klik kanan pada drive tersebut, setelah itu pilih New Simple Volume. Lalu anda akan diminta berapa kapasitas yang akan digunakan, silahkan gunakan saja semuanya, dan juga label format (NTFS). Klik Next saja sampai proses selesai.

 
membuat partisi harddisk di windows 
Nah, pada tahap ini maksudnya anda di suruh memilih, misalnya saya memilih Z berarti nanti drive kita akan menjadi “Nama Drive (Z:)“.
membuat partisi harddisk di windows 
Silahkan anda setting persis dibawah ini. Untuk Volume label, silahkan masukkan nama drive anda.
membuat partisi harddisk di windows 
Dan terakhir silahkan anda klik Finish.
membuat partisi harddisk di windows
Setelah selesai, status Unallocated akan hilang dan berubah menjadi Primary / Logical Drive. Dan sekarang drive pun sudah dapat digunakan.

baca juga: Cara Install Android KitKat 4.4 (x86) Di Virtualbox


Oh iya, saya biasanya menggunakan cara ini untuk menggunakan dualboot OS. Tapi pada laptop saya ini ada 3 OS yaitu, Windows 7, Windows 10, dan Kali Linux. Saya membuat partisi kosong menggunakan Shrink volume seperti cara ini, dan tidak memformat pada drive tersebut. Jadi pada saat saya ingin menginstall OS (Operating System) yang kedua atau ketiga bisa menggunakan partisi yang kosong tersebut tanpa perlu di format.

Sekian tutorial dari Saya AKANG BLOGGER tentang Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows. Bila ada kurang puas silakan mampir lagi hehehe.

Description
: Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: Cara Membuat Partisi Hard Disk Baru di Windows
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment test

Previous Post

« newer news

Next Post

older news »